Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS ) Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS ) Author
Title: Laporan Praktikum Sosiologi Pedesaan
Author: Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS )
Rating 5 of 5 Des:
BAB I PENDAHULUAN Laporan ini dibuat dalam melengkapi pelaksanaan praktikum dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan yang diambil pada semes...
BAB I
PENDAHULUAN
Laporan ini dibuat dalam melengkapi pelaksanaan praktikum dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan yang diambil pada semester dua program studi agribisnis fakultas pertanian Uniersitas Medan Area yang berlokasi di objek wisata TAMORA INDAH. Pada lokasi praktikum tersebut kami melakukan penelitian mengenai penilaian pengunjung terhdap objek wisata Tamora Indah berdasarkan kuisioner yang telah disiapkan oleh dosen mata kuliah. Kuisioner tersebut kami isi berdasarkan hasil interaksi sosial kami terhadap pengunjung untuk mendapatkan hasil penilaian pengunjung terhadap pengunjung untuk mendapatkan hasil penilaian pengunjung terhadap objek wisata Tamora Indah minimal satu orang harus mendpatkan dua responden.
Adapun tujuan kami melakukan praktikum Sosiologi Pedesaan adalah untuk melengkapi persyaratan akademik. Selain itu agar kami dapat melatih interaksi sosial terhadap masyarakat sekaligus sebagai latihan kepada kami untuk melakukan penelitian terhadap suatu lingkungan. Secara standart berdasarkan hasil dari tabulasi yang di peroleh pada lokasi praktikum, maka kami menyimpulkan berdasarkan kuisioner yang kami dapat.


BAB II
PEMBAHASAN
  1. Karakteristik Demand
1.      Usia / Umur
Usia  (tahun)
Jumlah  (orang)
%
16-25
3
30
26-35
6
60
36-45
1
10
Total
10
100

Tabel 1. Tabel 1. Usia Pengunjung
Berdasarkan hasil penelitian yang kami dapatkan pada objek wisata Tamora Indah bahwa pengunjung yang paling banyak berdasarka usia adalah usia mulai dari 26-25 tahun sebanyak 60 % (sebanyak 6 orang) dan diikuti usia sekitar 16-25 tahun sebanyak 30 % (3 orang) dan usia 36-45 tahun sebanyak 10 % (1 orang). Hasil ini dapat di buktikan pada tabel di atas (Tabel 1. Usia Pengunjung)






2.      Status Pernikahan
Status
Jumlah (orang)
%
Single
3
30
Menikah
7
70
Total
10
100
Tabel 2. Status Pernikahan Pengunjung
Hasil penelitian kami berdasarkan status, pengunjung yang mendominasi ialah pengunjung yang telah menikah dengan persentase 70 % (sebanyak 7 orang) dan yang tidak menikah sebanyak 30 % (sebanyak 3 orang). Dapat kita lihat pada tabel di atas (Tabel 2. Status Pernikahan Pengnjung)

3.      Pendidikan
Pendidikan
Jumlah (orang)
%
SD
-
-
SMP
-
-
SMA
7
70
Diploma / Sarjana / Magister
1 (D-3)
2 (S-1)
30
Total
10
100
Tabel 3. Pendidikan Pengunjung
Berdasarkan hasil penelitian kami pada tingkat pendidikan pengunjung, di dominasi oleh pengunjung yang berpendidikan Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) sebanyak 70 % ( sebanyak 7 orang) dan di ikuti oleh pengunjung yang berpendidikan Strata satu (S-1) sebanyak 20 % ( sebanyak 2 orang) dan Diploma 3 (D-3) sebanyak 10 % (1 orang). Hasil ini di buktikan berdasarkan tabel di atas (Tabel 3. Pendidikan Pengunjung)

4.      Pekerjaan
Jenis Pekerjaan
Jumlah (orang)
%
Mahasiswa / Pelajar
3
30
Ibu Rumah Tangga
1
10
Wiraswasta
2
20
Pegawai BUMN
1
10
Karyawan Swasta
3
30
Total
10
100
Tabel 4. Pekerjaan Pengunjung
Hasil penelitian kami terhadap pengunjung berdasarkan pekerjaan pengunjung kami menyimpulkan bahwa pekerjaan yang di dominasi oleh pengunjung adalah mahasiswa / pelajar dengan karyawan swasta masing-masing 3 orang dengan persentase 30 % lalu diikuti wiraswasta sebanyak 2 orang dengan persentase 20 % lalu diikuti pegawai BUMN dan Ibu Rumah Tangga masing-masing 1 orang dengan persentase 10 %. Hasil ini dapat kita buktikan pada tabel di atas (Tabel 4. Pekerjaan Pengunjung)


5.      Pendapatan
Pendapatan
Jumlah (orang)
%
 <Rp. 1.000.000
4
40
Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000
4
40
>Rp.  2.000.000
2
20
Total
10
100
Tabel 5. Pendapatan Pengunjung
Berdasarkan hasil penelitian kami pada penghasilan pengunjung kami menyimpulkan bahwa pengunjung dengan penghasilan pengunjung yang tertinggi ialah <Rp. 1.000.000 dan Rp. 1.000.000-Rp. 2.000.000 masing-masing 4 orang dengan persentase 40 %, lalu di ikuti yang berpenghasilan >Rp.2.000.000 sebanyak 2 orang dengan persentase 20 %. Lihat tabel di atas (Tabel 5. Pendapatan Pengunjung).









  1. Identifikasi Demand Rekreasi dan Wisata
No
Aktivitas Rekreasi dan Wisata
(Aktivitas dan Yang Diinginkan)

Demand
Lama Aktivitas Pengunjung
(Menit)
Fasilitas Yang Digunakan
1
2
3
1
Makan dan Minum

ü   

60
Gazebo
2
Istirahat

ü   

60
Gazebo
3
Tidur-tiduran


ü   
120
Gazebo
4
Mengobrol

ü   

45
Gazebo
5
Olahraga


ü   
120
Ayunan
6
Rekreasi
ü   


180
Gazebo, Ayunan, Prosotan
7
Mengantar Keluarga
ü   


240
Gazebo, Ayunan
8
Jalan-jalan
ü   


120
Gazebo
9
Mandi
ü   


60
Ban, Kolam Renang
Tabel 6. Identifikasi Demand
Berdasarkan penelitian yang kami dapatkan untuk identifikasi demand rekreasi dan wisata pada objek wisata Tamora Indah scara keseluruhan yang menjadi aktual demand adalah rekreasi, mengantar keluarga, jalan-jalan, dan mandi dengan waktu yang digunakan masing-masing selama 3 jam, 4 jam, 2 jam dan 1 jam. Sedangkan fasilitas yang digunakan pengunjung adalah gazebo, ayunan, prosotan dan taman bermain.
Sedangkan yang menjadi potensial demand adalah makan dan minum, istirahat dan mengobrol dengan waktu yang digunakan masing-masing selama 1 jam (untuk makan dan minum, istirahat) dan 2 jam (untuk mengobrol). Pada potensial demand ini fasilitas yang digunakan ialah gazebo.
Sedangkan yang menjadi latend/induced demand sebagian pengunjung adalah tidur-tiduran dan olahraga dengan waktu yng digunakan masing-masing selama 2 jam dan fasilitas yang digunakan adalah ayunan dan gazebo. Ini dapat dibuktikan pada tabel di atas (Tabel 6. Identifikasi Demand)

  1. Kepuasan dan Preferensi Pengunjung Terhadap Fasilitas Pada Objek Wisata
No
Fasilitas Wisata
Tingkat Kepuasan
Jumlah
(Orang)
SP
P
BS
KP
TP
1
Parkir
-
6
2
2
-
10
2
Ticketing
2
4
4

-
10
3
Pusat Informasi
-
3
3
4
-
10
4
Wisma Tamu
-
2
3
5
-
10
5
Warung Makan/Kantin
-
4
-
2
-
10
6
Toilet
-
4
4
2
-
10
7
Shelter/Gajebo
-
2
4
1
-
10
8
Bangku Taman/Peristirahatan
-
4
7
1
-
10
9
Musholla
-
4
5
2
-
10
10
Tempat Sampah
-

4
5

10
11
Papan Informasi dan Petunjuk
-
-
5
-
-
10
12
Kios Cendera Mata
-
-
10
-
-
10
13
Pos Keselamatan Pengunjung
-
-
-
-
10
10
14
Tempat Pancing
-
2
2
4
2
10
15
Security
-
-
-
10
-
10
Tabel 7. Kepuasan Pengunjung
Dari hasil penelitian kami bahwa pengunjung sangat puas terhadap fasilitas ticketing sebanyak 2 orang. Dan pada fasilitas pos keselamatan pengu jung dan tempat pancing ada sebagian pengunjung yang tidak puas yaitu masing-masing 10 dan 2 orang. Ini dapat dibuktikan pada tabel di atas (Tabel 7. Kepuasan pengunjung).




  1. Preferensi Terhadap Objek Wisata
1.      Ketertarikan Pengunjung Terhadap Objek Wisata
Ketertarikan Pengunjung
Jumlah (Orang)
%
Tertarik
9
90
Tidak Tertarik
1
10
Total
10
100
Tabel 8. Ketertarikan Pengunjung
Berdasarkan hasil penelitian kami bahwa pengunjung yang tertarik terhadap objek wisata Tamora Indah sebanyak 9 orang dengan persentase 90 %. Dan adapun pengunjung yang tidak tertarik dengan objek wisata Tamora Indah sebanyak 1 orang dengan persentase 10 %. Hasil ini dpat kita lihat pada tabel di atas (Tabel 8. Ketertarikan pengunjung).
Adapun alasan pengunjung tertarik dengan objek wisata Tamora Indah dengan beberapa alasan, yaitu :
·         Lebih dekat dan aman, alasan ini diutarakan sebanyak 3 orang.
·         Tenang dan nyaman, alasan ini diutarakan sebanyak 2 orang.
·         Bagus, indah dan bersih, alasan ini diutarakan sebanyak 2 orang
·         Ingin mengenalkan objek wisata Tamora Indah pada keluarga, alasan ini hanya diutarakan 1 orang.
·         Cuma objek wisata Tamora Indah yang ada di Medan yang seperti ini, alasan ini hanya diutarakan 1 orang.

Adapun alasan pengunjung yang tidak tertarik dengan objek wisata Tamora Indah, yaitu :
·         Objek wisata Tamora Indah kotor.

2.      Jumlah Kunjungan
 






                Tabel 9. Jumlah Kunjungan Pengunjung.
Berdasarkan hasil penelitian kami pada jumlah kunjungan Pengunjung ke objek wisata Tamora Indah yang paling tinggi sebanyak 1-3 kali sebanyak 6 orang dengan persentase 60 % lalu diikuti 4-6 kali dan >6 kali, masing masing sebanyak 2 orang dengan persentase 20 %. Dapat di lihat pada tabel di atas (Tabel 9. Jumlah Kunjungan Pengunjung).








E.     Pengetahuan Pengunjung Terhadap Onjek Wisata di Sekitar Tempat Tinggal
1. Pengetahuan Pengunjung Terhadap Keberadaan Objek Wisata
Pengetahuan
Jumlah (Orang)
%
Tahu
7
70
Tidak Tahu
3
30
Total
10
100





bjTabel 10. Pengetahuan Pengunjung Terhadap Objek Wisata di Sekitar Tempat Tinggal
Berdasarkan hasil penelitian kami pada pengetahuan pengunjung terhadap keberadaan objek wisata di sekitar tempat tinggal mereka, pengunjung yang mengetahui objek wisata di sekitar tempat tinggalnya sebanyak 7 orang dengan persentase 70 %. Sedangkan pengunjung yang tidak tahu ada sebanya 3 orang dengan persentase 30 %. Lihat tabel di atas (Tanel 10. Pengetahuan pengunjung terhadap objek wisata di sekitar tempat tinggal).
Adapun objek wisata yang mereka ketahui yaitu :
·         Pantai Kasanova, sebanyak 2 orang.
·         Teluk bayur, hanya 1 orang.
·         Tangkahan, hanya 1 orang.
·         Kolam renang Great Wall, hanya 1 orang.
·         Hairose, hanya 1 orang.
·         Brastagi, hanya 1 orang.

2.      Ketertarikan Pengunjung
 






 Tabel 11. Ketertarikan Pengunjung
Berdasarkan hasil penelitian kami pada ketertarikan pengunjung terhadap objek wisata di sekitar tempat tinggal pengunjung, pengunjung yang tertarik sebanyak 7 orang debgan persentase 70 %, dan yang tidak tertarik sebanyak 3 orang dengan persentase 30 %. Lihat tabel di atas (Tabel 11. Ketertarikan pengunjung).
Adapun alasan mereka yang tertarik terhadap objek wisata di sekitar tempat tinggal mereka yaitu :
·         Pemandangannya bagus, alasan ini diutarakan 3 orang.
·         Menyatu dengan alam, alasan ini di utarakan 1 orang.
·         Karena lebih indah, alasan ini di utarakan 1 orang.
·         Karena dalam Kompkeks, alasan ini diutarakan 1 orang.
·         Lebih ramai, alasan ini diutarakan 1 orang.
Adapun alasan mereka tidak tertarik, karena wisatawannya sedikit, alasan ini diutarakan 3 orang.

  1. Prefensi Pengunjung Terhadap Fasilitas wisata
Berdasarkan hasil penelitian kami kepada pengunjung, ada beberapa fasilitas yang perlu di perbaiki di kawasan objek wisata Tamora Indah, yaitu :
a.      Papan informasi, hal ini diutarakan oleh pengunjung sebanyak 2 orang.
b.      Hewan-hewannya perlu di tambahi, hal ini di utarakan oleh pengunjung hanya 1 orang
c.      Permainan anak-anak, hal ini diutarakan 5 orang.
d.     Toilet, hal ini diutarakan 1 orang.
e.      Penghijauan, hal ini di utarakan 1 orang.

G.    Kesimpulan Berdasarkan Hasil Penelitian
Adapun kesimpulan kami berdasarkan data yang kami dapatkan bahwa pengunjung yang datang ke Tamora Indah di dominasi oleh pengunjung yang berusia 26-35 tahun dan sudah menikah. Sedangakan berdasrakan hasil penelitian terhadap pendidikan pengunjung, pengunjung yang datang di dominasi oleh pengunjung yang berpendidikan SMA. Dan berdasarkan pekerjaannya di dominasi oleh Mahasiswa/ pelajar dan karyawan swasta. Dan menurut pendapatan pengunjung di dominasi oleh pengunjung yang berpendapatan <Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000.
Dan berdasarkan identifikasi demand yang menjadi aktual demand pengunjung adalah rekreasi, mengantar keluarga, jalan-jalan dan mandi. Dan berdasarkan kepuasan pengunjung terhadap fasilitas di kawasan objek wiata pengunjung sangat puas terhadap ticketing / pusat informasi (2 orang) dan tidak puas terhadap  pos keselamatan dan kolam pancing (masing-masing 10 orang dan 2 orang).


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang kami dapatkan setelah melakukan praktikum bahwa di dalam melakukan penelitian terhadap suatu objek / lingkungan kita harus mendapatkan 30 responden berdaasakan kuisioner yang telah kita sediakan. Dan untuk memudahkan kita dalam mengolah data, sebaiknya hasil yang kita dapatkan terlebih dahulu kita tabulasi.

B.    Saran
Adapun saran dari kami, kepada dosen yang bersangkutan supaya tetap membimbing kami dalam melakukan pengolahan data agar kami semakin bagus melalkukan pengolahan data.


LAMPIRAN

 































About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top