BAB
I
PENDAHULUAN
Laporan
ini dibuat dalam melengkapi pelaksanaan praktikum dari mata kuliah Sosiologi
Pedesaan yang diambil pada semester dua program studi agribisnis fakultas
pertanian Uniersitas Medan Area yang berlokasi di objek wisata TAMORA INDAH. Pada
lokasi praktikum tersebut kami melakukan penelitian mengenai penilaian
pengunjung terhdap objek wisata Tamora Indah berdasarkan kuisioner yang telah
disiapkan oleh dosen mata kuliah. Kuisioner tersebut kami isi berdasarkan hasil
interaksi sosial kami terhadap pengunjung untuk mendapatkan hasil penilaian
pengunjung terhadap pengunjung untuk mendapatkan hasil penilaian pengunjung
terhadap objek wisata Tamora Indah minimal satu orang harus mendpatkan dua
responden.
Adapun
tujuan kami melakukan praktikum Sosiologi Pedesaan adalah untuk melengkapi
persyaratan akademik. Selain itu agar kami dapat melatih interaksi sosial terhadap
masyarakat sekaligus sebagai latihan kepada kami untuk melakukan penelitian
terhadap suatu lingkungan. Secara standart berdasarkan hasil dari tabulasi yang
di peroleh pada lokasi praktikum, maka kami menyimpulkan berdasarkan kuisioner
yang kami dapat.
BAB
II
PEMBAHASAN
- Karakteristik
Demand
1. Usia
/ Umur
Usia (tahun)
|
Jumlah (orang)
|
%
|
16-25
|
3
|
30
|
26-35
|
6
|
60
|
36-45
|
1
|
10
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel 1. Tabel 1. Usia Pengunjung
Berdasarkan
hasil penelitian yang kami dapatkan pada objek wisata Tamora Indah bahwa
pengunjung yang paling banyak berdasarka usia adalah usia mulai dari 26-25
tahun sebanyak 60 % (sebanyak 6 orang) dan diikuti usia sekitar 16-25 tahun
sebanyak 30 % (3 orang) dan usia 36-45 tahun sebanyak 10 % (1 orang). Hasil ini
dapat di buktikan pada tabel di atas (Tabel 1. Usia Pengunjung)
2. Status
Pernikahan
Status
|
Jumlah (orang)
|
%
|
Single
|
3
|
30
|
Menikah
|
7
|
70
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel 2. Status Pernikahan Pengunjung
Hasil
penelitian kami berdasarkan status, pengunjung yang mendominasi ialah
pengunjung yang telah menikah dengan persentase 70 % (sebanyak 7 orang) dan
yang tidak menikah sebanyak 30 % (sebanyak 3 orang). Dapat kita lihat pada
tabel di atas (Tabel 2. Status Pernikahan Pengnjung)
3. Pendidikan
Pendidikan
|
Jumlah (orang)
|
%
|
SD
|
-
|
-
|
SMP
|
-
|
-
|
SMA
|
7
|
70
|
Diploma / Sarjana / Magister
|
1 (D-3)
2 (S-1)
|
30
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel 3. Pendidikan Pengunjung
Berdasarkan
hasil penelitian kami pada tingkat pendidikan pengunjung, di dominasi oleh
pengunjung yang berpendidikan Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) sebanyak 70 % (
sebanyak 7 orang) dan di ikuti oleh pengunjung yang berpendidikan Strata satu
(S-1) sebanyak 20 % ( sebanyak 2 orang) dan Diploma 3 (D-3) sebanyak 10 % (1
orang). Hasil ini di buktikan berdasarkan tabel di atas (Tabel 3. Pendidikan
Pengunjung)
4. Pekerjaan
Jenis Pekerjaan
|
Jumlah
(orang)
|
%
|
Mahasiswa / Pelajar
|
3
|
30
|
Ibu Rumah Tangga
|
1
|
10
|
Wiraswasta
|
2
|
20
|
Pegawai BUMN
|
1
|
10
|
Karyawan Swasta
|
3
|
30
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel 4. Pekerjaan Pengunjung
Hasil
penelitian kami terhadap pengunjung berdasarkan pekerjaan pengunjung kami
menyimpulkan bahwa pekerjaan yang di dominasi oleh pengunjung adalah mahasiswa
/ pelajar dengan karyawan swasta masing-masing 3 orang dengan persentase 30 %
lalu diikuti wiraswasta sebanyak 2 orang dengan persentase 20 % lalu diikuti
pegawai BUMN dan Ibu Rumah Tangga masing-masing 1 orang dengan persentase 10 %.
Hasil ini dapat kita buktikan pada tabel di atas (Tabel 4. Pekerjaan
Pengunjung)
5. Pendapatan
Pendapatan
|
Jumlah
(orang)
|
%
|
<Rp. 1.000.000
|
4
|
40
|
Rp.
1.000.000 – Rp. 2.000.000
|
4
|
40
|
>Rp. 2.000.000
|
2
|
20
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel
5. Pendapatan Pengunjung
Berdasarkan
hasil penelitian kami pada penghasilan pengunjung kami menyimpulkan bahwa
pengunjung dengan penghasilan pengunjung yang tertinggi ialah <Rp. 1.000.000
dan Rp. 1.000.000-Rp. 2.000.000 masing-masing 4 orang dengan persentase 40 %,
lalu di ikuti yang berpenghasilan >Rp.2.000.000 sebanyak 2 orang dengan persentase
20 %. Lihat tabel di atas (Tabel 5. Pendapatan Pengunjung).
- Identifikasi
Demand Rekreasi dan Wisata
No
|
Aktivitas Rekreasi dan Wisata
(Aktivitas dan Yang Diinginkan)
|
Demand
|
Lama Aktivitas Pengunjung
(Menit)
|
Fasilitas Yang Digunakan
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
Makan dan Minum
|
ü
|
60
|
Gazebo
|
||
2
|
Istirahat
|
ü
|
60
|
Gazebo
|
||
3
|
Tidur-tiduran
|
ü
|
120
|
Gazebo
|
||
4
|
Mengobrol
|
ü
|
45
|
Gazebo
|
||
5
|
Olahraga
|
ü
|
120
|
Ayunan
|
||
6
|
Rekreasi
|
ü
|
180
|
Gazebo,
Ayunan, Prosotan
|
||
7
|
Mengantar Keluarga
|
ü
|
240
|
Gazebo, Ayunan
|
||
8
|
Jalan-jalan
|
ü
|
120
|
Gazebo
|
||
9
|
Mandi
|
ü
|
60
|
Ban, Kolam
Renang
|
Tabel 6. Identifikasi Demand
Berdasarkan
penelitian yang kami dapatkan untuk identifikasi demand rekreasi dan wisata
pada objek wisata Tamora Indah scara keseluruhan yang menjadi aktual demand adalah
rekreasi, mengantar keluarga, jalan-jalan, dan mandi dengan waktu yang
digunakan masing-masing selama 3 jam, 4 jam, 2 jam dan 1 jam. Sedangkan
fasilitas yang digunakan pengunjung adalah gazebo, ayunan, prosotan dan taman
bermain.
Sedangkan
yang menjadi potensial demand adalah makan dan minum, istirahat dan mengobrol
dengan waktu yang digunakan masing-masing selama 1 jam (untuk makan dan minum,
istirahat) dan 2 jam (untuk mengobrol). Pada potensial demand ini fasilitas
yang digunakan ialah gazebo.
Sedangkan
yang menjadi latend/induced demand sebagian pengunjung adalah tidur-tiduran dan
olahraga dengan waktu yng digunakan masing-masing selama 2 jam dan fasilitas
yang digunakan adalah ayunan dan gazebo. Ini dapat dibuktikan pada tabel di
atas (Tabel 6. Identifikasi Demand)
- Kepuasan
dan Preferensi Pengunjung Terhadap Fasilitas Pada Objek Wisata
No
|
Fasilitas
Wisata
|
Tingkat
Kepuasan
|
Jumlah
(Orang)
|
||||
SP
|
P
|
BS
|
KP
|
TP
|
|||
1
|
Parkir
|
-
|
6
|
2
|
2
|
-
|
10
|
2
|
Ticketing
|
2
|
4
|
4
|
-
|
10
|
|
3
|
Pusat Informasi
|
-
|
3
|
3
|
4
|
-
|
10
|
4
|
Wisma Tamu
|
-
|
2
|
3
|
5
|
-
|
10
|
5
|
Warung Makan/Kantin
|
-
|
4
|
-
|
2
|
-
|
10
|
6
|
Toilet
|
-
|
4
|
4
|
2
|
-
|
10
|
7
|
Shelter/Gajebo
|
-
|
2
|
4
|
1
|
-
|
10
|
8
|
Bangku Taman/Peristirahatan
|
-
|
4
|
7
|
1
|
-
|
10
|
9
|
Musholla
|
-
|
4
|
5
|
2
|
-
|
10
|
10
|
Tempat Sampah
|
-
|
4
|
5
|
10
|
||
11
|
Papan Informasi dan Petunjuk
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
10
|
12
|
Kios Cendera Mata
|
-
|
-
|
10
|
-
|
-
|
10
|
13
|
Pos Keselamatan Pengunjung
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
10
|
14
|
Tempat Pancing
|
-
|
2
|
2
|
4
|
2
|
10
|
15
|
Security
|
-
|
-
|
-
|
10
|
-
|
10
|
Tabel
7. Kepuasan Pengunjung
Dari
hasil penelitian kami bahwa pengunjung sangat puas terhadap fasilitas ticketing
sebanyak 2 orang. Dan pada fasilitas pos keselamatan pengu jung dan tempat
pancing ada sebagian pengunjung yang tidak puas yaitu masing-masing 10 dan 2
orang. Ini dapat dibuktikan pada tabel di atas (Tabel 7. Kepuasan pengunjung).
- Preferensi
Terhadap Objek Wisata
1. Ketertarikan
Pengunjung Terhadap Objek Wisata
Ketertarikan
Pengunjung
|
Jumlah
(Orang)
|
%
|
Tertarik
|
9
|
90
|
Tidak
Tertarik
|
1
|
10
|
Total
|
10
|
100
|
Tabel
8. Ketertarikan Pengunjung
Berdasarkan
hasil penelitian kami bahwa pengunjung yang tertarik terhadap objek wisata
Tamora Indah sebanyak 9 orang dengan persentase 90 %. Dan adapun pengunjung
yang tidak tertarik dengan objek wisata Tamora Indah sebanyak 1 orang dengan
persentase 10 %. Hasil ini dpat kita lihat pada tabel di atas (Tabel 8.
Ketertarikan pengunjung).
Adapun
alasan pengunjung tertarik dengan objek wisata Tamora Indah dengan beberapa
alasan, yaitu :
·
Lebih dekat dan aman,
alasan ini diutarakan sebanyak 3 orang.
·
Tenang dan nyaman,
alasan ini diutarakan sebanyak 2 orang.
·
Bagus, indah dan
bersih, alasan ini diutarakan sebanyak 2 orang
·
Ingin mengenalkan objek
wisata Tamora Indah pada keluarga, alasan ini hanya diutarakan 1 orang.
·
Cuma objek wisata
Tamora Indah yang ada di Medan yang seperti ini, alasan ini hanya diutarakan 1
orang.
Adapun
alasan pengunjung yang tidak tertarik dengan objek wisata Tamora Indah, yaitu :
·
Objek wisata Tamora
Indah kotor.
2. Jumlah
Kunjungan
![]() |
Tabel
9. Jumlah Kunjungan Pengunjung.
Berdasarkan
hasil penelitian kami pada jumlah kunjungan Pengunjung ke objek wisata Tamora
Indah yang paling tinggi sebanyak 1-3 kali sebanyak 6 orang dengan persentase
60 % lalu diikuti 4-6 kali dan >6 kali, masing masing sebanyak 2 orang
dengan persentase 20 %. Dapat di lihat pada tabel di atas (Tabel 9. Jumlah
Kunjungan Pengunjung).
E. Pengetahuan
Pengunjung Terhadap Onjek Wisata di Sekitar Tempat Tinggal
1. Pengetahuan
Pengunjung Terhadap Keberadaan Objek Wisata
Pengetahuan
|
Jumlah
(Orang)
|
%
|
Tahu
|
7
|
70
|
Tidak
Tahu
|
3
|
30
|
Total
|
10
|
100
|
bjTabel
10. Pengetahuan Pengunjung Terhadap Objek Wisata di Sekitar Tempat Tinggal
Berdasarkan
hasil penelitian kami pada pengetahuan pengunjung terhadap keberadaan objek
wisata di sekitar tempat tinggal mereka, pengunjung yang mengetahui objek
wisata di sekitar tempat tinggalnya sebanyak 7 orang dengan persentase 70 %.
Sedangkan pengunjung yang tidak tahu ada sebanya 3 orang dengan persentase 30
%. Lihat tabel di atas (Tanel 10. Pengetahuan pengunjung terhadap objek
wisata di sekitar tempat tinggal).
Adapun
objek wisata yang mereka ketahui yaitu :
·
Pantai Kasanova,
sebanyak 2 orang.
·
Teluk bayur, hanya 1
orang.
·
Tangkahan, hanya 1
orang.
·
Kolam renang Great
Wall, hanya 1 orang.
·
Hairose, hanya 1 orang.
·
Brastagi, hanya 1
orang.
2. Ketertarikan
Pengunjung
![]() |
Tabel 11. Ketertarikan Pengunjung
Berdasarkan
hasil penelitian kami pada ketertarikan pengunjung terhadap objek wisata di
sekitar tempat tinggal pengunjung, pengunjung yang tertarik sebanyak 7 orang
debgan persentase 70 %, dan yang tidak tertarik sebanyak 3 orang dengan
persentase 30 %. Lihat tabel di atas (Tabel 11. Ketertarikan pengunjung).
Adapun
alasan mereka yang tertarik terhadap objek wisata di sekitar tempat tinggal
mereka yaitu :
·
Pemandangannya bagus,
alasan ini diutarakan 3 orang.
·
Menyatu dengan alam,
alasan ini di utarakan 1 orang.
·
Karena lebih indah,
alasan ini di utarakan 1 orang.
·
Karena dalam Kompkeks,
alasan ini diutarakan 1 orang.
·
Lebih ramai, alasan ini
diutarakan 1 orang.
Adapun
alasan mereka tidak tertarik, karena wisatawannya sedikit, alasan ini
diutarakan 3 orang.
- Prefensi
Pengunjung Terhadap Fasilitas wisata
Berdasarkan
hasil penelitian kami kepada pengunjung, ada beberapa fasilitas yang perlu di
perbaiki di kawasan objek wisata Tamora Indah, yaitu :
a. Papan
informasi, hal ini diutarakan oleh pengunjung sebanyak 2 orang.
b. Hewan-hewannya
perlu di tambahi, hal ini di utarakan oleh pengunjung hanya 1 orang
c. Permainan
anak-anak, hal ini diutarakan 5 orang.
d. Toilet,
hal ini diutarakan 1 orang.
e. Penghijauan,
hal ini di utarakan 1 orang.
G. Kesimpulan
Berdasarkan Hasil Penelitian
Adapun
kesimpulan kami berdasarkan data yang kami dapatkan bahwa pengunjung yang
datang ke Tamora Indah di dominasi oleh pengunjung yang berusia 26-35 tahun dan
sudah menikah. Sedangakan berdasrakan hasil penelitian terhadap pendidikan
pengunjung, pengunjung yang datang di dominasi oleh pengunjung yang berpendidikan
SMA. Dan berdasarkan pekerjaannya di dominasi oleh Mahasiswa/ pelajar dan
karyawan swasta. Dan menurut pendapatan pengunjung di dominasi oleh pengunjung
yang berpendapatan <Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000.
Dan
berdasarkan identifikasi demand yang menjadi aktual demand pengunjung adalah
rekreasi, mengantar keluarga, jalan-jalan dan mandi. Dan berdasarkan kepuasan
pengunjung terhadap fasilitas di kawasan objek wiata pengunjung sangat puas
terhadap ticketing / pusat informasi (2 orang) dan tidak puas terhadap pos keselamatan dan kolam pancing
(masing-masing 10 orang dan 2 orang).
BAB III
KESIMPULAN DAN
SARAN
A. Kesimpulan
Adapun
kesimpulan yang kami dapatkan setelah melakukan praktikum bahwa di dalam
melakukan penelitian terhadap suatu objek / lingkungan kita harus mendapatkan
30 responden berdaasakan kuisioner yang telah kita sediakan. Dan untuk
memudahkan kita dalam mengolah data, sebaiknya hasil yang kita dapatkan
terlebih dahulu kita tabulasi.
B. Saran
Adapun
saran dari kami, kepada dosen yang bersangkutan supaya tetap membimbing kami
dalam melakukan pengolahan data agar kami semakin bagus melalkukan pengolahan
data.
LAMPIRAN
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
Post a Comment