Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS ) Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS ) Author
Title: Contoh Soal Regresi dan Korelasi Sederhana
Author: Generasi Rimba Alam Semesta ( GRAS )
Rating 5 of 5 Des:
Contoh Soal 1. Suatu penelitian dilakukan utk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian pupuk N terhadap berat kering tanaman tertentu...
Contoh Soal 1.
Suatu penelitian dilakukan utk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian pupuk N terhadap berat kering tanaman tertentu.
Untuk keperluan penelitian ini dilakukan percobaan dgn memberikan pupuk N kepada tanaman tersebut dengan dosis N/Tan  :
 X  :   0      10     20      30      40     50      60
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data berat kering tanaman (gr/Tan) sebagai berikut :
 Y =  2,1 57   2,482    2,740   2,835   3,277   3,415   3,762
Dari data tersebut diatas :
a.Tentukanlah persamaan regresi liniernya
b.Hitunglah koefisien korelasinya, jelaskan apa artinya.
c.Uji apakah r signifikan pada tingkat kesalahan (a) = 5 %
d.Uji apakah pupuk N berpengaruh terhadap berat kering tanaman
    pada tkt kesalahan (a) =  5 %
Jawab :
No.
     Xi   
    Yi
     Xi²
      XiYi
       Yi²
   1.
      0
  2,457
      0
         0
    6,0368
   2.
    10
  2,482
   100
     24,82
    6,1603
   3.
    20
  2,740
   400
     54,80
    7,5076
   4.
    30
  2,835
   900
     85,05
    8,0372
   5.
    40
  3,277
 1600
    131,08
  10,7387
   6.
    50
  3,415
 2500
    170,75
   11,6622
   7.
    60
  3,762
 3600
    225,72
   14,1526
  Σ
 210
20,968
 9100
    692,22
   64,2954

 b  =  Σ XiYi – (ΣXi)(ΣYi)/n
            ΣXi² - (Σxi)² /n
 b = 692,22 – 210 x 20,968/7
            9100 – (210)²/7
b = 0,02256
a = ΣY/n – bΣX/n → a = 20,968/7 – 0,02256. 210/7
                                   a = 2,3186
Persamaan regresinya   : yi = 2,3186 + 0,02256 xi        0,02256 xi  artinya : jika tanaman diberi pupuk  N sebesar dosis 10/tan akan mengakibatkan berat  kering tanaman bertambah sebesar  0,02256 gr

 b. rxy =        ΣXiYi  -  [(ΣXi)(ΣYi)] /n
               - (ΣXi)²][ ΣYi² -( ΣYi)²/n]

   
      rxy =              692,22 -  (210.20,968) /7
               64,2954 - ( 20,968/7)]

      rxy   = 0,97 → artinya hubungan antara x dan y
                              adalah sebesar 97 %
      Koefisien determinasinya (KD) :
       r²xy   = ( 0,97 )² = 0,94 artinya besarnya sumbangan
     (kontribusi) naik turunnya berat kering tan. sebesar
      94 % dipengaruhi pupuk N sedangkan 6 % yang
      lain dipengaruhi faktor yang lain.
  b. Uji apakah koefien korelasinya signifikan pada tingkat kesalahan
      (a) = 5 %.
   Hipotesis :
   Ho :  b  = 0                     ttabel = t(1-0,05),(7-2)
   H1 :   b                             = t(0,95,5) =  2,02
   thitung = r Ön – 2                oleh karena thitung > ttabel
                Ö 1 - r²                atau 2,02 > 1,90 maka Ho
   thitung = 0,97 Ö 7 – 2         ditolak dan H1 diterima
                 Ö 1 – 0,94            kesimpulan : Ada hubungan
   thitung    = 2,29                    yang erat antara X danY
                                           pada tkt kesalahan 5 %.
 C. Ho :  b = 0                 kriteria uji : Jika   thitung  ≤ ttabel  
      H1 :  b  0                  maka Ho diterima dan H1 ditolak
      thitung   =  bi / Sbi           Jika thitung  >  ttabel  maka Ho ditolak
                                       H1 diterima.
 
     Sbi = =         [ΣYi - (ΣYi)²/n ] - [bi²(ΣXi² - (ΣXi) ²/n]
                     Ö - (ΣXi)²/n][ n - 2]

    
        Sbi   =   0,0021                        oleh karena thitung > ttabel  atau
        thitung   =  bi / Sb                      10,748  >  4,6041 maka Ho ditolak dan
                  = 0,0256/0,0021      H1 diterima. Kesimpulan :
                  = 10,748                    Ada pengaruh pemberian pupuk N
        ttabel  = t(1-0,05)(n-k)              terhadap berat kering tanaman
                 = t(1-0,05)(7-2}                    pada tingkat kesalahan 5 %
                 = 4,6041

Contoh Soal 2
Seorang mahasiswa melakukan survai untuk meneliti apakah ada korelasi antara nilai statistik  dengan  nilai ekonometrika, untuk kepentingan penelitian tersebut diambil 10 mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah statistika dan ekonometrik. Sebaran data diperoleh sebagai berikut :

Statistik
9
6
5
7
4
3
2
8
7
6
Ekonometrik
8
7
6
8
5
4
2
9
8
6

Dari data tersebut diatas uji apakah terdapat korelasi yg positif antara kemampuan mahasiswa dalam memahami ilmu statistika dan ilmu ekonometrika pada tingkat kesalahan 5 %.
Jawab :
Hipotesis
Ho   : Tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan  
         mahasiswa dalam memahami ilmu statistika dan
         ilmu ekonometrika.
H1   : Terdapat korelasi positif antara kemampuan
         mahasiswa dalam memahami ilmu statistika dan
         ilmu ekonometrika.
Kriteria uji
Ho diterima Jika   t hitung ≤ ttabel (a, n-2)
H1 diterima Jika   thitung > ttabel (a, n-2)

N
X1
X2
Rank X1
Rank X2
d
d2
1
9
8
1
3
-2
4
2
6
7
5.5
5
0.5
0.25
3
5
6
7
6.5
0.5
0.25
4
7
8
3.5
3
0.5
0.25
5
4
5
8
8
0
0
6
3
4
9
9
0
0
7
2
2
10
10
0
0
8
8
9
2
1
1
1
9
7
8
3.5
3
0.5
0.25
10
6
6
5.5
6.5
-1
1
Jlh
7

                          

      
 


              
       
       Oleh karena :  thitung (9,697) > t tabel (1,86) maka Ho
       ditolak dan H1 diterima.
   Kesimpulan :    
   Terdapat korelasi positif antara kemampuan   
   mahasiswa dalam memahami ilmu statistika dan ilmu
   ekonometrika pada tkt kesalahan 5 %.






Contoh Soal 3.
Seorang mahasiswa melakukan survai untuk meneliti apakah ada korelasi antara tingkat pendidikan dengan tingkat pendapatan. Untuk penelitian ini diambil sampel sebanyak 112 kepala keluarga dimana diperoleh data sebagai berikut :

Tinggi
Sedang
Rendah
Jumlah
Baik
16
8
8
32
Cukup
10
20
10
40
Jelek
4
16
20
40
Jumlah
30
44
38
112

Uji Apakah terdapat korelasi positif antara tingkat pendidikan dengan tingkat kesejahteraan keluarga pada tkt kesalahan 5 %.
Jawab :
Hipotesis :
Ho    : Tidak terdapat korelasi antara terdapat   
           korelasi positif antara tingkat pendidikan
           dengan tingkat kesejahteraan keluarga.
H1    : Terdapat korelasi positif antara tingkat
          pendidikan dengan tingkat kesejahteraan
          keluarga.
Kriteria uji :
Ho diterima Jika X2 hitung ≤ X2 tabel (a, (r-1)(k-1)
H1 diterima Jika X2 hitung > X2 tabel (a, (r-1)(k-1)
 




e11=30x(32/112)=8,57
e12=44x(32/112)=12,57
e13=38x(32/112)=10,86
e21=30x(40/112)=10,71
e22=44x(40/112)=15,71
e23=38x(40/112)=13,57
e31=30x(40/112)=10,71
e32= 44x(40/112)=15,71
        e33 =38x(40/112)=13,57
 




                        X2tabel = (9,488)

       Oleh karena :   X2hitung (18,267) >  X2tabel (9,488)
       maka Ho ditolak dan H1 diterima.
       Kesimpulan :
       Terdapat korelasi positif antara tingkat pendidikan  
       dengan tingkat kesejahteraan keluarga pada
       tingkat kesalahan 5 %.




Contoh 4
Andaikan sudah ada dugaan bahwa  64 % variasi dari kecenderungan berperestasi  Y dapat dijelaskan oleh  X. Dengan menggunakan hasil penelitian yang memberikan r = 0,88 dan n = 30.dapatkah kita menerima dugaan bahwa 64 % variasi tadi dengan menggunakan
Jawab :
Hipotesis :
Ho : ρ = 0,80
H1 : ρ 0,80
                   Z - mz
Zhitung =     sz

Z = ½ ln ( 1 + r / 1 - r )  = 1,1513 log ( 1 + r / 1 - r )
mz = ½ ln ( 1 + ρ / 1 - ρ ) = 1,1513 log ( 1 +  ρ / 1 -  ρ )
 sz =        1
           Ö n – 3
Dari hasil perhitungan diperoleh harga untuk masing- masing :
        Z = 1,3758                   
       mz = 0,1925               
       sz =  1,0986
 Dengan mensubsitusikan harga-harga tsb ke dalam rumus maka
 diperoleh :
                                    1,3758 – 0,1925
               zhitung   =          1,0986

               z hitung =  1,44 

   Sedangkan harga Ztabel = Z ½(1 – 0,05)
                                               = Z 0,4750
                                               = 1,96
   Oleh karena z hitung  <  Z tabel  atau 1,44  < 1,96 maka Ho diterima dan H1
   Ditolak. Kesimpulan : Persentasi variasi dalam Y yang dapat dijelaskan X 
   seperti apa yang dinyatakan dalam dugaan yaitu sebesar  64 % dapat
   diterima pada tingkat kesalahan 5 %.


About Author

Advertisement

Post a Comment

  1. Assalamulaikum kak, maaf tapi gambar gambar yg ga kebukak itu gimana mau lihat nya ya? Soalnya saya butuh banget mempelajari jawaban soal yang nomer 1

    ReplyDelete

 
Top